sharing is caring

Tutorial Pengolahan Dasar Citra di Matlab

1. Pepresentasi citra digital

• Pada command window, ketikkan perintah imread seperti pada gambar berikut ini(isikan sesuai lokasi citra itu tersimpan)


• maka matlab akan membaca citra tersebut dan menampilkan data-data matrix penyusun  citra tersebut. pada setiap elemen dalam matrix tersebut menyatakan intensitas pixel berupa bilangan bulat antara 0 - 255



Notasi pixel dalam citra:


2. Membaca citra
untuk kepentingan memudahkan dalam memahami hasil proses pengolahan citra, kita perlu dikenalkan perintah yang berguna untuk membaca citra yang tersimpan dalam bentuk file. perintah tersebut adalah imread. bentuk pemanggilannya: img = imread('c:\users\SAMSUNG\Pictures\image2.png')

tulisan yang didalam kurung adalah lokasi dan file citra yang hendak dibaca oleh imread, bisa anda tukar dengan file citra anda. Img menyatakan larik(array) yang menyimpan data citra yang dibaca.


3. Mengetahui ukuran citra

  • ketikkan perintah seperti gambar berikut


Img adalah larik yang menyimpan citra yang terbaca yaitu image2.png.
Ukuran adalah adalah larik yang menyimpan perintah size.
sehingga diketahui citra Img mengandung  15 baris pixel dan 15 kolom pixel. Dan dimensi ketiga bernilai 3 artinya citra tersebut adalah citra berwarna.


  • untuk mendapatkan jumlah baris dan jumlah kolom secara tersendiri, maka perintahnya adalah

dengan cara itu, Jumlah_baris berisi jumlah baris pada larik Img dan jumlah kolom berisi jumlah kolom pada larik Img.


4. Menampilkan citra
  • Untuk menampilkan citra kita bisa gunakan perintah imshow, untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut

  • Hasilnya berupa jendela yang menampilkan citra yang telah kita beri perintah imshow tadi

  • Jika kita ingin menampilkan 2 citra sekaligus pada 2 jendela, maka perintah yang harus ditulis adalah

  • maka akan tampil seperti gambar berikut

  • Disini kita juga bisa menggabungkan 2 citra kedalam satu jendela(figure), perintahnya seperti pada gambar berikut

  • hasilnya kedua citra bergabung dalam satu jendela, seperti pada gambar berikut


4. Mengenal Jenis Citra

a. Citra berwarna
Citra berwarna atau RGB merupakan jenis citra yang menyajikan warna dalam bentuk komponen R(merah, G(hijau) dan B(biru). Setiap komponen warna menggunakan 8 bit(nilainya berkisar antara 0 – 255). Dengan demkikian kemungkinan warna dapat mencapai 255 x 255 x255 atau 16.581.375 warna.
Untuk membaca citra berwarna kita juga bisa gunakan perintah imread.


Hasilnya menunjukkan bahwa zebra merupakan larik berdimensi 3, dengan dimensi ketiga berisi tiga nilai. Hal inilah yang membedakan dengan citra berskalah keabuan.

Larik Hasil pembacaan citra berwarna dapat dinyatakan dengan komponen R, G, B. Indeks pertama menyatakan komponen R, indeks, kedua menyatakan komponen G, dan indeks ketiga menyatakan komponen B.
Berikut adalah cara mendapatkan komponen R, G, B pada larik zebra di depan

Demikian Tutorial Pengolahan Dasar Citra di Matlab. terimakasih atas kunjungannya. dan jangan lupa berlangganan via email atau sekedar meninggalkan komentar. wassalam :)

Ditulis Oleh : Rise of Kingdom Indonesia

Nanda Zulvi Rahman Artikel Tutorial Pengolahan Dasar Citra di Matlab ini ditulis oleh Rise of Kingdom Indonesia pada hari Rabu, 01 November 2017 pukul November 01, 2017. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tutorial Pengolahan Dasar Citra di Matlab dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi kawan yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini arahkan kursor ke link berikut lalu tekan ctrl+c
Recommended Posts × +

1 komentar: